3 Cara Membuat Turis Jatuh Cinta dengan Kuliner Indonesia

Bookmark and Share

Selain rendang, ada banyak kuliner lainnya di Indonesia yang menggiurkan. Menparekraf, Mari Elka Pangestu pun memaparkan 3 strategi menjual kuliner asli Indonesia. Apa saja ya?

"Pertama, bagaimana masakan Indonesia itu sendiri. Masakan apa yang akan ditunjukkan ke luar negeri," tutur Mari saat pembukaan Jakarta Culinary Festival 2012 di Lt 5 East Mall Grand Indonesia,

Aneka kuliner khas Lombok

Menurut Mari, kuliner Indonesia banyak disukai wisatawan. Oleh karena itu, dalam ranah pariwisata, kuliner masuk dalam wisata minat khusus yakni Kuliner & Belanja. Kuliner adalah sektor ke-15 yang akan difokuskan Kemenparekraf.

"Kalau dilihat dari pengeluaran wisman dan domestik, pengeluaran ketiga terbesar adalah makan. Itu membuktikan tingginya tingkat pembelian makanan saat wisatawan jalan-jalan," tambahnya.

Strategi kedua adalah bagaimana cara memadukan teknik memasak. "Bagaimana memadukan antara new, traditional, dan Indonesian technique. Misalnya, rendang wagyu beef atau minuman seperti Sulawesi Martini. Saya suka banget itu!" kata Mari sembari tertawa.

Papeda, sajian khas Maluku dan Papua [blog-ansyari.blogspot.com]

Papeda, sajian khas Maluku dan Papua


Menyoal perpaduan teknik ini, Jakarta Culinary Festival 2012 akan diwarnai beragam demo memasak dari chef taraf internasional dan pakar kuliner lokal seperti William Wongso dan Sisca Soewitomo.

"Bahkan bukan cuma cooking demo, lalu makan enak. Ada suppliernya juga, bisa belajar bahan-bahan yang digunakan juga," kata Mari.

Strategi terakhir adalah menggunakan bahan-bahan asli Indonesia dalam masakan apa pun. "Ini penting sekali ya. Masakan apa pun, ingredientsnya harus asli Indonesia. Citarasa Indonesia," tuturnya.

Pihak Kemenparekraf, kata Mari, punya visi bagaimana agar masakan Indonesia bisa jadi makanan internasional (world cuisine). Sejauh ini, rendang asal Sumatera Barat masih menjadi primadona kuliner Indonesia di mata internasional, termasuk wisatawan.

"Setelah tahu rendang, mungkin wisatawan akan tahu lebih banyak tentang Indonesia. Seperti itulah," tutupnya.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar